Artikel

Destinasi Wisata Pulau Tidung, Menawarkan Keindahan Alam yang Indah Serta Romantis

Pulau eksotis yang menawarkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan ini merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Ada banyak sekali destinasi wisata Pulau Tidung yang harus Anda kunjungi ketika datang ke Pulau Tidung. Keindahan pulau ini tidak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Pulau ini. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Tidung merupakan destinasi wisata favorit.

Sejarah Pulau Tidung

Nama Tidung berawal dari cerita yang berkembang di masyarakat bahwa pada zaman dahulu pulau ini dijadikan tempat persembunyian untuk bersembunyi dari kekejaman bajak laut. Dalam bahasa setempat Tidung berarti “berlindung”. Konon tempat ini juga dijadikan tempat untuk menyusun strategi perang pasukan Fatahillah yang menyerang Malaka.

Menurut masyarakat setempat, pulau ini sudah dihuni oleh nenek moyang mereka sejak tahun 1800an, tepatnya pada saat itu Gunung Krakatau meletus. Sebagian besar masyarakat Pulau Tidung berprofesi sebagai nelayan, ini merupakan profesi turun temurun dari nenek moyang mereka. Seiring berjalannya waktu, Pulau Tidung semakin dikenal dan akhirnya pulau ini dijadikan sebagai tempat wisata. Hal ini membuat warga yang dulunya berprofesi sebagai nelayan kemudian beralih menjadi pemandu wisata dan pengelola penginapan.

Spot Menarik

Adanya berbagai destinasi wisata Pulau Tidung memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah mengunjungi spot-spot indah dan menarik yang ada di Pulau Tidung. Spot menarik itu diantaranya adalah:

– Jembatan Cinta

Jembatan Cinta merupakan jembatan yang menghubungan kedua bagian Pulau Tidung, yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan ini menjadi spot favorit bagi para wisatawan karena indah dan merupakan tempat yang pas untuk melihat matahari terbenam. Jika Anda datang bersama pasangan, Anda harus datang ke jembatan ini pada sore hari. Ketika sore hari tempat ini akan ramai dikunjungi pengunjung untuk menikmati suasana romantis dengan latar matahari terbenam.

– Spot Snorkeling

Pulau Tidung memang terkenal akan wisata baharinya, oleh karena itu banyak spot snorkeling yang sangat menarik. Ada lebih dari 7 spot favorit yang digandrungi para wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Semua spot tersebut menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa dengan melihat ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berenang di sekitar terumbu karang yang cantik.

Jika tidak puas snorkeling, Anda bisa mencoba melihat keindahan bawah laut Pulau Tidung dengan menyelam. Anda tidak perlu khawatir jika Anda belum mempunyai pengalaman dengan menyelam. Selain menawarkan penyewaan alat snorkeling ataupun alat menyelam dengan harga yang relatif murah, disana juga menyediakan pemandu yang siap memandu Anda untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Tidung.

– Pantai Timur Pulau Tidung

Di bagian ujung Pulau Tidung terdapat pantai yang sangat indah. Pantai ini adalah salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk menikmati sunrise maupun sunset. Pantai ini masih belum banyak didatangi wisatawan, oleh karena itu keasriannya masih terjaga. Sangat cocok sekali untuk menenangkan pikiran bukan?

Di pantai tersebut Anda akan dibuat kagum dengan keindahan pantai yang mempesona dan didukung dengan adanya pohon rindang yang semakin menambah keeksotisan pantai ini. Karena masih belum banyak terkespose atau diketahui banyak orang, fasilitas di pantai timur Pulau Tidung ini masih terbatas karena masih belum dioptimalkan sebagai tempat wisata.
Nah itulah beragam destinasi wisata Pulau Tidung yang akan memanjakan mata Anda.

Please rate this