Artikel

Ingin Berlibur Ke Pulau Tidung? Simak Tips Berikut Ini

Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Namun sebelum berlibur ke Pulau Tidung Anda harus memperhatikan tips berwisata ke Pulau Tidung seperti berikut ini. Karena banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Eksotis ini, warga setempat juga dapat merasakan hal positifnya. Salah satunya adalah di bidang ekonomi. Sebelum dioptimalkan sebagai tempat wisata, sebagian besar penduduk Pulau Tidung hanya berprofesi sebagai nelayan. Namun sekarang ini tidak sedikit penduduk setempat yang beralih profesi menjadi pengelola penginapan maupun pemandu wisata.

Karena lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta, memungkinkan warga Jakarta dan sekitarnya bisa dengan mudah mencapai lokasi ini.

Tips Berwisata ke Pulau Tidung

Sebelum memulai perjalanan menuju Pulau Tidung, Anda harus menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan mulai dari transportasi, penginapan, makanan sampai oleh-oleh. Ketika berkunjung ke Pulau Tidung Anda harus memperhatikan berbagai hal seperti berikut ini:

1. Transportasi

Tips berwisata ke Pulau Tidung yang pertama adalah transportasi. Ya, transportasi merupakan langkah pertama dalam perjalanan Anda untuk sampai di suatu tempat wisata. Untuk sampai di Pulau Tidung Anda bisa menaiki kapal dari Muara Angke. Ini merupakan akses favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk sampai di Pulau Tidung. Ada banyak kapal-kapal yang siap mengantarkan pengunjung. Kapal-kapal tersebut merupakan kapal kayu bermotor dan mempunyai dua lantai. Jika ingin cepat sampai di Pulau Tidung, Anda bisa berangkat di pagi hari. Jam 6 pagi sudah ada kapal yang siap memberangkatkan Anda menuju lokasi, jadi jangan sampai ketinggalan ya. Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki kapal ini tergolong murah, yaitu hanya Rp 33.000 saja dalam sekali jalan. Pada saat siang hari sekitar pukul dua siang, kapal akan kembali ke Muara Angke.

Alternatif lain untuk menuju lokasi tanpa melalui Muara Angke adalah melalui Marina, Ancol dengan KM Kerapu. Biaya yang Anda keluarkan untuk sampai dilokasi adalah sekitar Rp 32000 dan belum termasuk biaya tiket masuk Ancol. Alternatif ketiga untuk sampai di Pulau Tidung adalah dengan melalui Rawasaban, disini biaya yang Anda keluarkan lebih murah, hanya dengan Rp 18000 saja Anda sudah bisa mendapatkan tiket.

Untuk bisa sampai di Pulau Tidung, Anda akan melakukan perjalanan selama 2 – 3 jam. Oleh karena itu siapkan minuman dan obat anti mabuk.

2. Penginapan

Di Pulau Tidung tidak ada hotel. Namun Anda bisa menginap di penginapan yang dikelola penduduk setempat. Meskipun begitu fasilitas yang diberikan juga terbilang lengkap, mulai dari AC, televisi dan kamar mandi dalam.

3. ATM

Ingat ketika ke Pulau Tidung Anda harus membawa uang tunai yang cukup. Kenapa? Karena disana masih belum ada ATM.

4. Tempat Makan

Tidak perlu membawa bekal makanan terlalu banyak, di Pulau Tidung sudah banyk warung-warung yang menyediakan berbagai makanan. Anda tidak perlu memikirkan tentang makanan disini karena warung-warung tersebut sudah buka mulai pagi untuk Anda sarapan sampai malam hari.

5. Sinyal dan Internet

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai sinyal dan internet. Di Pulau Tidung sinyal bisa Anda dapatkan tanpa gangguan sehingga Anda juga bisa internetan dengan lancar pada provider tertentu.

Waktu terbaik untuk datang ke Pulau Tidung adalah pada bulan April – Oktober. Pada waktu tersebut Anda bisa melakukan bebagai kegiatan tanpa harus terkendala cuaca. Nah itulah berbagai tips berwisata ke Pulau Tidung , semoga bermanfaat bagi Anda.

Please rate this