Artikel

Keindahan Pulau Tidung yang Masih Terjaga

Pulau Tidung adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Pulau dengan luas 109 hektar ini sudah mulai dikenal dengan keindahan pantai dan lautnya yang masih jauh dari sentuhan tangan-tangan nakal. Nama Tidung berarti tempat berlindung. Pada zaman dulu, pulau ini digunakan sebagai tempat berlindung penduduk dari serangan bajak laut. Konon, bajak laut tidak bisa memasuki kawasan Pulau Tidung seolah-olah tempat ini sudah diciptakan sebagai pelindung bagi penduduk tidak berdosa. Maka tidak heran jika sampai saat ini, Pulau Tidung masih sangat terjaga keasriannya meskipun tempat ini sudah sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan mereka.

Sebagai tempat tujuan wisata, tentu saja Pulau Tidung sudah menyiapkan banyak fasilitas dan hiburan bagi pengunjungnya. Jika Anda merupakan penduduk asli Jakarta yang sudah terbiasa berkunjung ke gugusan Pulau Seribu, mungkin akan mudah bagi Anda untuk mencari penginapan dan kendaraan di sana. Namun jika Anda adalah murni turis yang ingin berkunjung ke Wisata Pulau Tidung, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa travel atau paket wisata yang sudah banyak tersedia di online. Dengan begitu, liburan Anda di Pulau Tidung tidak akan Anda habiskan dengan bertanya jalan atau mencari penginapan.

Liburan di Wisata Pulau Tidung

Jika Anda menggunakan jasa travel, Anda tidak perlu bingung lagi menentukan tempat yang harus Anda kunjungi karena pastinya pihak travel sudah mengatur perjalanan Anda sedemikian rupa agar kunjungan Anda ke Pulau Tidung tidak sia-sia. Paket-paket liburan yang ditawarkan oleh jasa travel sebenarnya sangat terjangkau. Pilihannya pun banyak. Penginapan di Pulau Tidung tidak ada bintangnya sehingga harga per malamnya pun cenderung murah.

Biasanya, jasa travel tujuan wisata Pulau Tidung minimal akan memberikan fasilitas tiket ferry pulang pergi Muara Angke, tempat penginapan yang kamarnya sudah ber-AC, sepeda untuk masing-masing orang, makan tiga kali sehari, satu pemandu wisata dan jalan-jalan mengelilingi pulau. Jika mau paket yang lebih lengkap juga ada, namun jelas harganya berbeda. Selain mendapat makan tiga kali sehari, Anda juga akan mendapatkan welcome drink ketika Anda menjejakkan kaki di Pulau Tidung. Kemudian malamnya, Anda akan disiapkan barbeque party dengan menu seafood seperti cumi-cumi, baronang dan tongkol. Untuk wisatanya, tidak hanya jalan-jalan saja, namun Anda juga akan mendapat fasilitas snorkeling yang pasti tidak mau Anda lewatkan.

Keindahan Alam Pulau Tidung

Hingga detik tulisan ini dibuat, keindahan alam WIsata Pulau Tidung masih sangat terjaga. Keberadaan Pulau Tidung kini memang semakin popular. Tidak terhitung banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini setiap akhir minggu apalagi pada malam natal dan tahun baru. Namun hal tersebut sama sekali tidak membuat tempat ini tercemar keindahan dan keasriannya.

Pantai yang indah, angin laut yang berhembus sepoi-sepoi, pemandangan laut yang biru dan adanya hutan mangrove di Pulau Tidung Kecil membuat tempat ini layak jika diberi nama Tidung atau pelindung. Terlebih lagi jika Anda mau snorkeling dan menyelam di lautannya. Meskipun mungkin tidak bisa jika dibandingkan dengan keindahan wisata bawah laut Bunaken, kita tidak boleh menutup mata dengan keindahan laut Pulau Tidung. Bagi yang snorkeling, Anda juga bisa mampir ke pulau-pulau terdekat seperti Pulau Air, Pulau Payung dan Pulau Karang Beras.

Terakhir, yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda berkunjung ke Pulau Tidung adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya. Pemandangan indah ini bisa Anda saksikan di pantai atau di jembatan cinta Wisata Pulau Tidung.

Please rate this