Select Page

Artikel

Pesona Keindahan Wisata Pulau Tidung

Pulau tidung merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Pulau Seribu. Pulau eksotis ini menawarkan keindahan wisata Pulau Tidung yang membuat para wisatawan terpesona. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu akhir pekan Anda di pulau indah ini daripada harus jalan-jalan ke mall. Pulau Tidung merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, selain itu lokasinya juga tidak jauh dari Jakarta. Dengan menyeberang menggunakan kapal feri dari Muara Angke, Anda bisa mencapai lokasi dengan mudah. Alternatif lain untuk mencapai lokasi adalah dengan menggunakan speedboat dari Marina, Ancol.

Wisata Pulau Tidung

Di pulau yang luasnya sekitar 109 hektar ini, ada banyak sekali spot yang sangat indah. Keindahan alam tersebut akan membuat siapa saja terpesona dan berdecak kagum. Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau tersebut terhubung dengan sebuah jembatan panjang. Jembatan tersebut dinamai jembatan cinta oleh warga setempat. Selain itu jembatan itu juga menjadi ikon dari Pulau Tidung itu sendiri.

Di Pulau Tidung Besar, Anda bisa berinteraksi dengan warga sekitar karena daerah ini merupakan daerah pemukiman penduduk. Sebagian besar warga di Pulau Tidung Besar berprofesi sebagai nelayan, pengelola penginapan dan pemandu wisata. Karena banyak penduduk yang tinggal di kawasan tersebut, banyak fasilitas yang dibangun seperti sekolah, masjid, klinik, pasar serta kantor pemerintahan setempat.
Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang menjadi pemukiman penduduk, Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni. Ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dengan dikelilingi keindahan alam yang menakjubkan. Suasananya yang tenang membuat pikiran menjadi tenang dan segar kembali. Selain itu di Pulau Tidung Kecil juga terdapat hutan bakau yang eksotis. Hutan bakau ini sengaja dibuat oleh warga setempat untuk menghindari abrasi pantai.

Jembatan Cinta

Berbicara mengenai keindahan wisata Pulau Tidung memang tidak ada habisnya. Salah satunya yang menjadi ikon Pulau Tidung, yaitu jembatan cinta. Jembatan inilah yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Awal mula jembatan ini dinamakan jembatan cinta karena masyarakat setempat percaya bahwa terjun dari jembatan ini akan membuat orang yang terjun tersebut cepat menemukan jodoh. Sedangkan bagi yang sudah mempunyai pasangan, terjun berdua bersama pasangan dipercaya dapat membuat hubungan menjadi langgeng. Jembatan ini memiliki panjang 800 meter dan menjadi spot favorit bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Tidung. Pada sore hari jembatan ini akan ramai didatangi pengunjung untuk melihat pesona matahari terbenam di pulau eksotis ini.

Jembatan ini lebih menarik karena setiap harinya terdapat anak-anak desa setempat yang terjun bebas dari jembatan kemudian berenang dengan bebas di laut. Anak-anak tersebut sudah terbiasa melakukan kegiatan ini, jadi Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda Anda juga bisa ikut terjun bersama anak-anak tersebut. Terjun dari jembatan yang berketinggian 6 meter ini akan memberikan sensasi yang tidak pernah terlupakan bagi Anda ketika datang ke Pulau Tidung. Datang ke Pulau Tidung akan terasa kurang jika tidak mencoba sensasi serunya melompat dari atas jembatan.

Tempat yang dikenal dengan wisata baharinya ini menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung. Mulai dari permainan laut seperti banana boat, jetski, kano dan masih banyak lagi. Selain itu bagi yang ingin bermalam juga tidak perlu khawatir karena Anda bisa menginap di penginapan-penginapan yang sudah dibangun atau di rumah-rumah warga. Penginapan tersebut sengaja dibuat dengan desain yang nyaman dan tentunya serasi dengan alam, sehingga Anda bisa puas menikmati keindahan wisata Pulau Tidung .

Please rate this