Pendidikan Sosiologi UPI 2012 Goes to Lombok Bali

25 April 2015 – 3 Mei 2015

Sosiologi UPI2012 @Pantai Tanjung Aan Lombok

Sosiologi UPI2012 @Pantai Tanjung Aan Lombok

Travatour kali ini mengadakan perjalanan menuju Lombok dan Bali Overland bersama Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi angkatan 2012 dari FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia. Perjalanan diencanakan akan berlangsung selama 9 hari dengan tujuan utama adalah Wisata Desa Adat di Lombok Nusa Tenggara Barat yaitu Desa Sukarara, Desa Banyumulek, Desa Bayan dan Desa Sade, selain itu kami juga akan mengunjungi beberapa destinasi wisata lainya di Lombok seperti Taman Narmada (Narumah Makanada), dan pantai Tanjung Aan dan juga beberapa destinasi wisata di Pulau Bali seperti Puja Mandala, Garuda Wisnu Kencana, Danau Beratan Bedugul dan Pura Tanah Lot. Tim Travatour yang akan mendampingi peserta adalah Ekky, Arief dan Hadi sebagai PIC perjalanan kali ini. Selain itu tim Travatour juga ditemani oleh 2 orang dari tim Javalens yaitu Wildan dan Amir sebagai tim videographer dan photographer yang akan menangkap setiap momen selama perjalanan.

SosiologiUPI2012 Foto Bareng Pertama dalam Perjalanan @CandisariResto

SosiologiUPI2012 Foto Bareng Pertama dalam Perjalanan @CandisariResto

IMG_0212

Selfie dulu di kapal

IMG_0291

Terlalu lama di dalam bus membuat mereka sedikit “terganggu” @FerytoLombok

Durasi tour yang panjang dan melelahkan melalui jalan darat memerlukan persiapan yang sangat terperinci, dan setelah berbagai persiapan panjang akhirnya pada hari Sabtu 25 April 2015 tim Travatour dan seluruh komponen berkumpul bersama peserta di tempat yang telah ditentukan yaitu Kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Perjalanan kami dimulai setelah seluruh peserta dan dosen pendamping berkumpul dan melakukan pelepasan keberangkatan kami. Tim dan peserta sudah berkumpul dari pukul 5:00 pagi, perjalanan akan kami mulai sangat pagi sekali karena perjalanan darat menuju Lombok memakan waktu yang panjang, sekitar 48 jam perjalanan panjang akan kami lalui untuk sampai ke Lombok. Hari kedua perjalanan kami, 26 April 2015 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan kami tiba di Pelabuhan Ketapang dan menyebrang menuju Pulau Bali. Setelah hampir 2 jam menyeberang menuju Pulau Bali kami tiba di Pelabuhan Gilimanuk Bali pada malam hari sehingga kami makan malam di Bali dan segera menuju Pelabuhan Padang Bai untuk menyebrang ke Pelabuhan Lembar Lombok.

day 1 SosiologiUpi2012 Sukarare

day 1 SosiologiUpi2012 @Sukarare Lombok

ga coba ga asik @Sukarare

ga coba ga asik @Sukarare Lombok

Sekitar 5 jam perjalanan dari Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar Lombok, dan akhirnya kami pun tiba di Pulau Lombok pada pagi di hari ketiga perjalanan kami tepatnya Senin 27 April 2015. Setelah sarapan dan mandi di salah satu lokal resto kami segera menuju destinasi pertama kami di Lombok yaitu Taman Narmada dan lalu melanjutkan perjalanan ke salah satu Desa Wisata Lombok yaitu Desa Sukarara, desa penghasil kain tenun khas Lombok. Kami lalu diantar menuju Pantai Tanjung Kuta Lombok untuk makan siang dan lalu menikmati sore hari di Pantai Tanjung Aan. Lelah perjalanan selama 2 hari 2 malam akhirnya terobati ketika malam hari kami tiba di kamar hotel dan melepas lelah untuk kembali melanjutkan perjalanan di hari berikutnya.

IMG_1060

Suasana pertemuan peserta dengan Tetua Adat Desa Bayan @Bayan Lombok

Hari kedua kami di Lombok diawali dengan perjalanan menuju Desa Wisata Bayan sebagai destinasi kedua kami di pulau Lombok. Perjalanan menuju Bayan cukup panjang dan melelahkan, setelah kurang lebih 2 jam perjalanan melintasi senggi menuju Lombok Utara akhirnya kami tiba di area Desa Bayan. Setibanya di Desa Bayan kami lalu melakukan observasi di masjid Bayan Kuno Sukadane yang terletak sedikit di atas bukit dengan ditemani oleh guide lokal sebagai narasumber kami. Lalu kami memasuki komplek rumah adat Desa Bayan dan berdialog dengan pemimpin dan petinggi desa Bayan. Waktu sudah sore ketika kami tiba di pantai Sengigi untuk menikmati sunset, kami menuju hotel ketika matahari mulai terbenam dan langit mulai gelap. Meskipun destinasi kami di hari kedua ini terbilang sedikit, tapi jarak yang jauh membuat kami merasa cukup kelelahan.

SosiologiUPI2012 @Bayan Lombok 2nd Day

SosiologiUPI2012 @Bayan Lombok 2nd Day

IMG_1560

Presean @DesaSade Lombok

IMG_1774

Pasar Sukowati @Bali

Hari ketiga kami di Lombok adalah hari terakhir kami di Pulau Lombok karena direncanakan malam nanti kami akan kembali menyebrang ke Pulau Bali. Destinasi kami hari ini diawali dengan perjalanan menuju Universitas Mataram karena kami menerima undangan dari Jurusan Sosiologi Universitas Mataram untuk bersilaturahmi. Waktu mulai menunjukan siang hari ketika kami menuju destinasi kami selanjutnya yaitu Desa Banyumulek, Desa Wisata Penghasil Gerabah khas Lombok. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan kami lalu melanjutkan perjalanan ke Desa Wisata kami yang terakhir yaitu Desa Sade. Desa Sade adalah desa adat suku Sasak, dan ketika kami tiba disana kami disambut oleh pergelaran Peresean, sebuah pergelaran yang memperlihatkan pertarungan antara dua pria sebagai wujud upacara memohon hujan yang saat ini dipergelarkan ketika menyambut kedatangan wisatawan.

IMG_2456

Menikmati malam kota Yogyakarta

Malam ini kami lewati di kapal fery untuk menyebrang kembali menuju Pelabuhan Padang Bai, Bali. Matahari mulai terang ketika kami sarapan di salah satu resto lokal, perjalanan wisata kami di Pulau Bali akan diawali dengan perjalanan menuju Puja Mandala, sebua area wisata dimana disana terdapat bangunan peribadatan dari setiap kepercayaan yang ada di Indonesia. Setelah menyelesaikan shalat di Masjid Puja Mandala kami sekarang menuju Pantai Pandawa, objek wisata pantai yang masih dapat terbilang baru. Setelah cukup puas menikmati indahny Pantai Pandawa kami lalu menuju Garuda Wisnu Kencana untuk melihat pergelaran Tari Kecak yang akan dipergelarkan disana. Waktu telah cukup malam ketika kami makan malam di Jimbaran, Bali untuk makan malam. Makan malam di pinggir pantai Jimbaran yang hangat bersama rekan-rekan kami membuat kami melupakan rasa lelah kami, dan setelah makan malam selesai kami menuju Hotel untuk melepas lelah dan mengumpulkan semangat untuk perjalanan kami selanjutnya.

IMG_2101Berfoto bersama @GarudaWisnuKencana Bali

Berfoto bersama @GarudaWisnuKencana Bali

Hari kedua kami di Pulau Bali dan hari ke7 dari perjalanan panjang kami, hari ini kami akan mengunjungi Danau Beratan Bedugul. Hari sudah siang ketika kami tiba di lokasi Danau Beratan Bedugul, setelah dirasa cukup puas menikmati keindahan danau kami lalu menuju destinasi wisata terakhir dari perjalanan kami di Pulau Bali yaitu Tanah Lot. Sayangnya kami terhambat untuk sampai ke Tanah Lot dikarenakan ada upacara yang tengah dilakukan di Tanah lot sehingga jalan kami sedikit terlambat dan rencana kami untuk menikmati sunset di tanah lot tidak dapat terwujud, namun begitu kami masih bisa memasuki Pura Tanah Lot dan menikmati keindahannya. Setelah itupun kami menuju pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang kembali ke Pulau jawa melalui Pelabuhan Ketapang.

Berfoto bersama dengan keindahan @Pantai Tanjung Aan Lombok

Berfoto bersama dengan keindahan @Pantai Tanjung Aan Lombok

Hari ke 8 dari perjalanan kami, hari ini kami telah sampai kembali ke Pulau Jawa dan sebelum pulang menuju Bandung kami akan singgah di Yogyakarta untuk membeli oleh-oleh dan mengunjungi Jalan Malioboro. Waktu telah menunjukan hampir tengah malam ketika kami meninggalkan Yogyakarta untuk menuju kembali ke Kota Bandung. Perjalanan sekitar 12 jam untuk menuju ke Kota Bandung terhitung lancar tanpa kendala. Kami akhirnya tiba kembali di titik keberangkatan kami pada siang hari di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia dan merupakan titik akhir perjalanan panjang kami yang sangat berkesan dan penuh kenangan bersama rekan-rekan yang meskipun melelahkan tapi sangat memuaskan, kenangan akan perjalanan yang akan selalu mengisi kenangan bersama kami.

Nikmati berbagai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia bersama Travatour

Email us at info@travatour.com

Follow us at Facebook and Twitter

Arief Travateam