Artikel

Tips Pintar Menghemat Budget Liburan Di Pulau Tidung

Para traveler yang tidak memiliki banyak uang justru memiliki cara hemat budget liburan yang efektif untuk mereka lakukan dalam perjalanan wisata dan juga liburan yang tengah dilakukannya. Oleh karena itulah mereka bahkan sangup untuk mengunjungi beberapa tempat dan juga belahan dunia, padahal uang yang mereka miliki tidaklah banyak. Berikut ini adalah beberapa bentuk tips pintar dari cara menghemat uang liburan untuk melakukan perjalanan tersebut, diantaranya :

Jalan kaki

Solusi pertama yang bisa Anda terapkan untuk menghemat biaya atau budget liburan adalah dengan berjalan kaki saat melakukan perjalanan liburan tertentu. Cara ini sangat ampuh untuk digunakan karena dengan berjalan kaki, selain uang yang Anda miliki dapat lebih hemat, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam bentuk pengalaman yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan menggunkan jasa dari tour guide untuk melakukan liburan di suatu tempat tertentu. Karena itulah, apabila Anda ingin mencoba cara yang satu ini, maka pastikan pula untuk menggunakan sepatu yang dapat memberikan Anda tingkat kenyamanan yang tinggi, hal ini berkaitan dengan perjalanan yang mungkin akan Anda hadapi selama liburan tersebut.

Membawa barang secukupnya

Tips kedua yang juga harus Anda perhatikan adalah barang bawaan Anda, pastikan untuk membawa barang dengan tingkat yang tidak terlalu banyak. Ada baiknya apabila barang bawaan tersebut dapat cukup dalam satu bentuk tas saja, sehingga lebih memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan. Selain itu, dengan membawa barang secukupnya, maka Anda pun dapat lebih menghemat uang karena tidak perlu memberikan uang untuk bayar bagasi apabila memang menggunakan kendaraan umum.

Melakukan riset

Ternyata riset juga perlu diperhatikan apabila Anda hendak melakukan liburan. Riset ini dilakukan dengan berbagai macam bentuk tujuan. Tujuan utama dari riset, tentu saja berkaitan dengan pencarian lokasi yang hendak Anda kunjungi tersebut, Namun selain hal itu, dengan melakukan riset, maka Anda pun dapat mengetahui mengenai berbagai macam bentuk makanan murah yang tersedia di lingkungan tersebut, bahkan kini banyak pula situs website yang memang menyediakan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan tempat wisata yang bebas biaya. Sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk melakukan liburan dengan menghemat biaya yang diperlukan.

Hindari berlibur saat musim liburan

Ketika musim liburan tiba, banyak orang yang bahkan berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata atau bahkan liburan tertentu seperti halnya Pulau Tidung. Namun bagi Anda yang ingin menghemat biaya untuk melakukan liburan atau bahkan wisata menuju Pulau Tidung, ada baiknya apabila kunjungan wisata atau liburan tersebut Anda lakukan ketika hari-hari biasa, atau bukan termasuk dalam agenda liburan. Karena dengan memilih hari biasa, maka tarif masuk untuk liburan tersebut biasanya akan memiliki nilai yang jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan harga atau tarif yang memang disediakan saat musim liburan tiba. Selain itu, dengan melakukan kunjungan wisata pada hari biasa, Anda juga memiliki bentuk keuntungan lain, yang mana tempat tersebut bisa Anda nikmati dengan seutuhnya, karena jarangnya tinglkat pengunjung yang mengunjungi tempat liburan itu.

Pilih Homestay

Apabila Anda hendak melakukan liburan di Pulau Tidung dalam jarak waktu tertentu, misalkan selama tiga hari atau bahkan satu minggu, maka cobalah mencari bentuk penginapan berupa homestay. Mengapa harus memilih homestay? Karena dengan memilih jenis penginapan yang satu ini, maka biaya pengeluaran yang Anda gunakan untuk menginap pun akan lebih hemat. Terutama apabila Anda membandingkannya dengan menggunakan apartement atau bahkan hotel sebagai tempat menginap Anda saat liburan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara camping, namun cara yang satu ini jarang dianjurkan, karena memang membutuhkan persiapan yang tinggi terutama dari segi barang-barang yang dibutuhkannya.

Demikianlah beberapa bentuk tips cerdas dalam cara hemat budget liburan yang bisa Anda gunakan saat mengunjungi Pulai Tidung.

Please rate this