Stone Garden Padalarang – Bandung tidak hanya populer dengan destinasi wisata kuliner dan juga belanja.

Beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung dan sekitarnya telah menjadi buruan para wisatawan dari dalam negri maupun mancanegara, seperti yang satu ini yaitu Stone Garden yang terletak di Padalarang Bandung.

Stone Garden adalah sebuah kawasan gunung batu kapur yang lokasinya terletak di puncak gunung Pawon, Kampung Girimulya, desa gunung masigit, kecamatan Cipatat kabupaten Bandung Barat, jawa barat indonesia.

Dari Padalarang sendiri, lokasi ini berjarak tidak lebih dari 5 km. Untuk mengaksesnya, kita bisa menggunakan berbagai alat transportasi, baik kendaran pribadi maupun kendaraan umum.

RUTE JALAN MENUJU KE STONE GARDEN PADALARANG

Sahabat traveler’s, berikut adalah cara mengakses lokasi stine garden citatah padalarang yang bisa anda pergunakan jika anda mau berkunjung ke salah satu tempat yang cukup eksotis ini. Bagi anda yang berasal dari kota jakarta, anda bisa mengunjungi tempat wisata alam di ciatath padalarang ini melalui rute keluar Tol Padalarang, yang dilanjutkan ke arah Padalarang – cipatat dan gunung masigit. Bagi anda yang berasal dari arah kota bandung, silahkan anda bisa masuk ke jalan tol Cipularang dan keluar dari pintu tol padalarang, melewati Kota Baru Parahyangan dan selanjutnya ikuti rute jalan menuju cianjur dan masuk jalan raya cipatat.

SEJARAH STONE GARDEN PADALARANG

Kawasan Citatah adalah sebuah daerah berjarak 5 km dari padalarang. Masyarakat di sekitarnya merupakan masyarakat yang mata pencaharian utamanya sehari-hari adalah melakukan usaha penambangan batu kapur, dan sebagian yang lain berjualan seperti menjual aneka Oleh-oleh khas bandung. Perlu diketahui jalur padalarang – Cipatat ini dulunya sebelum jalur jalan tol yang menghubungkan kota bandung dan jakarta adalah sebuah jalur jalan yang sangat ramai dilalui oleh berbagai kendaraan transportasi, baik umum maupun pribadi.

Kawasan sepanjang jalan ini dulunya merupakan pusat atau sentra penjual aneka kerajinan, penjual aneka makanan khas bandung seperti peuyeum bandung, serta merupakan kawasan pusat wisata kuliner berupa berbagai tempat makan dari mulai warung makan hingga restaurant.
Namun kini, semenjak jalur jalan tol yang menghubungkan jakarta – bandung ini beroperasi, kawasan padalang menjadi kawasan yang sepi dari aktifitas bisnis usaha di atas, dan menyisakan kegiatan pertambangan batu kapur hingga kini. Bahkan saat ini pertambangan kapur yang dilakukan masyrakat ini sangat begitu produktif, dan ini tidak lepas juga dari sejarahnya pertambangangan rakyat di sini ternyata sudah berlangsung sejak abad ke-19 hingga kini.
Gunung Kapur yang tampak berdiri tegak di sepanjang daerah citatah ternyata tidak lepas juga dari sejarah purbakala danau purba yang tercatat pernah menenggelamkan kawasan bandung beberapa ratus bahkan ribuan tahun yang lalu. Yang menyebabkan danau bandung purba itu kemudian surut airnya, para ilmuan dan sejarah mencatat bahwa lokasi wisata bersejarah lainnya di bandung yang terkenal Sanghyang Tikoro adalah tempat dimana air danau purba tersebut menghilang dan tinggal menyisakan cekungan besar yang saat ini dikenal dengan kota bandung. Kelompok Riset Cekungan Bandung ( KRBC ) adalah sebuah kelompok yang melakukan kejadian terhadap kawasan ini, dan salah satu hasil penemuannya yang fenomenal adalah gua pawon pada tanggal 9 desember 2000.

Selain itu juga, menemukan objek bersejarah seperti Pasir pawon, kars citatah serta sejumlah peninggalan artepak atau barang-barang peninggalan sejarah manusia purba yang diyakini sebagai cikal bakal penduduk bandung asli seperti tulang, sisa tulang hingga gigi binatang.

WISATA STONE GARDEN PADALARANG

Tempat wisata alam di ketinggian pegunungan di daerah bandung barat ini dulunya dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Pawon. Namun dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sini, tempat ini sekarang lebih populer sebagai Stone Garden Padalarang. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini adalah untuk menikmati sensasi keindahan panorama batu kapur yang sangat eksotis, mulai dari berfoto selfie, berwefie hingga khusus sebagai lokasi fotography serta berwisata sejarah dan budaya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke sini memang akan ditawari bukti sejarah yang jelas dan nyata seperti aneka fosil bimnatang berupa koral tepatnya di atas bukit yang bisa membuktikan bahwa lokasi datran tinggi Stone garden padalarang ini dulunya ( 27 juta tahun yang lalu ) adalah kawasan laut dangkal.

Nah, dengan melewati proses yang sangat begitu lama tersebut, kawasan ini pun menjadi batuan, dimana koral yang tadinya hidup itu kemudian berkumpul di tempat itu dan mati sehingga membentuk batuan gamping.

Perlu anda ketahui bahwa Stone Garden Padalarang ini berada di sekitar 709 meter di atas permukaan aur laut. Dan lokasinya tidak jauh juga dengan objek wisata di bandung barat lainnya seperti Karang Hawu yang bisa ditempuh selama 20 menit berkendaraan. Di kawasan wisata alam dengan luas sekitar 2 hektar tersebut, penvgunjung bisa menikmati sajian eksotisme batu-batuan gamping yang berdiri secara alami tak beraturan bentuknya.Rumput serta tumbuhan liar akan tampak alami masih terlihat menutupi areal kawasan Stone Garden Padalarang tersebut.

Pemandangan dari lokasi ini sangat bagus sekali, dimana anda juga akan melihat hamparan pemandangan bukit-bukit kapur yang berwarna putih dan kecoklatan yang terlihat kontras dengan hamparan hijaunya pepohonan. Jika cuaca sedang cerah, maka dipastikan menikmati sinar matahari pagi atau sore dari tempat ini akan sangat begitu eksotis, dimana warna langi biru dengan awan putihnya berada di atas hamparan hijau pohon dan batu kapur yang bagus untuk didokumentasikan dengan kamera anda.

FASILITAS WISATA STONE GARDEN PADALARANG

Fasilitas di lokasi wisata Stone Garden Padalarang, maka dipastikan fasilitasnya cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung selama berada di sini. Di lokasi ini terdapat toilet, tempat peribadahan berupa mushola, serta tempat-tempat jualan berupa warung-warung sederhana yang menjajakan aneka cemilan dan mankan serta warung penjual cendera mata atau aksesoris seperti topi, kacamata dan masih banyak yang lainnya.

ALAMAT STONE GARDEN PADALARANG

  • Puncak Gunung Pawon, kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang Kabupaten Bandung Barat

JAM BUKA STONE GARDEN PADALARANG

  • Buka setiap hari, mulai senin hingga minggu dan 24 jam

HARGA TIKET STONE GARDEN PADALARANG

Sahabat traveler’s, perlu diketahui bahwa pintu masuk menuju kawasan wisata stone garden padalarang ini terdapat 2 jalan alternatifm, dan berikut adalah informasinya.

1.Pintu Masuk Langsung ke Stone Garden

Harga tiket masuknya jika masuk dari pintu ini, maka anda akan dikenakan biaya Rp,3.000/orang dengan tarif parkir kendaraan mobil Rp.10.000, dan motor Rp.5.000.

2.Pintu Masuk lewat Goa Pawon

Harga tiket masuk ke kawasan Stone Garden lewat pintu masuk ini, maka setiap pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp.6.000/orang, dan tarif parkir kendaran mobil Rp.5000.

TIPS WISATA KE STONE GARDEN PADALARANG

Sahabat traveler’s, perlu diketahui bahwa ada satu hal yang masih perlu diperbaiki dari objek wisata alam yang sangat menyimpan nilai bersejarah serta mempunyai nilai ekssotisme akan keindahan alam yang ada di sekitarnya ini. Masalah itu adalah bahwa lokasi tempat wisata di bandung ini belum terkelola dengan baik, terutama dari sisi eksesbilitas wisatwan yang mau berkunjung ke puncak bukit Gunung Pawon dimana lokasi Stone Garden berada. Setiap pengunjung harus berhati-hati ketika menuju puncak gunung pawon, yaitu berjalan dengan berjalan di jalan setapak, dengan sisi jalan yang curam serta ada areal dimana kita harus masuk kawasan hutan sepanjang 1,5 km. Jadi sarannya yang pertama adalah bekali diri anda sebelum berangkat ke Stone Garden Padalarang ini dengan memakai sepatu, perbekalan minuman karena pastinya melelahkan, topi untuk melindungi kepala dari terik sinar matahari serta pastinya kamera untuk dokumentasi.